Sabtu, 12 Juli 2014

Remember The Titans

Review film Remember The Titans
Tri Indra Purnama
Cast: Coach Boone (Danze Wasinghton), Coach Yoast (Will Paton) Big Ju (Wood Harris) Gery Bertier (Ryan Hurst)


Di sana (Amerika), mereka yang berbeda hidup berdampingan. Sikap toleransi pun muncul dari padatnya perbedaan yang ada. Namun keberhasilan Amerika Serikat sekarang ini dalam hal pluralismenya dan kebebasannya, tidak didapatkan secara mudah. Butuh perjuangan yang berat dan panjang selayaknya mendapatkan keberhasilan tersebut. Dan sekiranya, konflik yang berujung pada pertumpahan darah pun tak terelakan.

Di Virginia, pada sekitar 1970an, sekiranya kondisi tersebut memang terjadi. Pergumulan yang tidak pernah terselesaikan antara ras kulit putih dan ras kulit hitam memaksakan untuk lahirnya sebuah kebijakan. Pemerintah memasukan kebijakan asimilasi kepada salah satu SMU di kota tersebut untuk ras kulit hitam sebagai pendatang untuk bisa hidup berdampingan dengan ras kulit putih yang sebelumnya telah ada. Pemaksaan kebijakan tersebut pada awalnya terlihat gagal. Dan pada waktu yang ditunggu-tunggu, keributan pun terjadi. Huru hara tak terhindarkan di sepanjang jalan kota. Masing-masing menolak dan membenci. Kebencian seakan-akan menjadi sebuah vitalitas dari konflik antar ras tersebut.
Namun permasalahn tidak berakhir pada hal itu saja. Masalah yang lebih penting terjadi pada klub Football di SMU tersebut. Football memiliki arti tersendiri yang bagi orang-orang di sana bisa dianggap sebagai suatu hal sangat penting dibandingkan perayaan natal. Mereka menjadikan olahraga ini sebagai suatu nilai penting bagi diri mereka dan sesuatu yang harus didapatkan dan dibanggakan. Namun permasalah itu muncul ketika klub Football tersebut diasimilasikan oleh ras kulit hitam. Danze Wasinghton (Coach Boone) hadir dari kota yang sangat jauh untuk menggantikan posisi Will Paton (Coach Yoast) sebagai pelatih sebelumnya.
Kehadiran Coach Boone bukan menjadikan kondisi kota tersebut lebih baik, namun malah masing-masing petinggi di Dewan Sekolah mempengaruhi Coach Boone yang pelatih berkulit hitam dan Coach Yoast berkulit putih saling mempertahankan kedudukan yang mereka dapatkan. Fanatisme pendukung dari masing-masing warga yang berbeda ras juga memperkeruh keadaan.

Namun permasalahan yang pelik dan hampir tak terselesaikan mengalami pencerahan dari klub Football yang pada awalnya dijadikan sebuah alat politik antar ras. Kejuaaraan antar negara bagian menanti mereka. Dan semua dari elemen masyarakat yang ada disana, memiliki impian kepada tim Football mereka untuk bisa memenangkan dan mempertahankan harga diri kota tersebut. Dua pemain tangguh yang memiliki pengaruh besar terhadap ras masing-masing, Wood Harris (Big Ju) seorang kulit hitam dan Ryan Hurst (Gery Bertier) seorang kulit putih dan menjabat sebagai kapten tim menjadi aktor penting untuk sebuah impian warga Virginia. Bagaimana sebuah pemaksaan kebijakan asimilasi yang gagal dan kondisi yang diharapkan ada malah terlahir secara alamiah itu bisa terjadi? Inilah Remember The Titans.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar