Sabtu, 06 September 2014

Mereka Sama Seperti Kita

Mereka Sama Seperti Kita
Tri Indra Purnama*

Barfi! (2012)
Genre          : Drama, Adventure, Comedy
Produser     : Ronnie Screwvala dan Siddharth Roy Kapur
Sutradara    : Anurag Basu
Pemeran     : Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra,
                    Ileana D'Cruz, Saurabh Shukla
                    Ashish  VidyarthiRoopa Ganguly

Tuhan memang adil. Segala realitas hidup terdapat hikmah di dalamnya. Tak ada kata menyesal dan selalu bersyukur atas segala yang diberikan sebagai yang terbaik bagi kita. Pesan tersebut tersirat dalam sebuah film India, Barfi!
Barfi adalah sebuah film yang bersimbah nilai kehidupan. Menceritakan tentang semangat orang-orang yang terlahir tak sempurna. Kemasan romantis menambah luapan emosional untuk para penikmat genre drama.

Murphy (Ranbir Kapoor), pemuda energik, memiliki semangat yang tinggi, terlalu tersenyum dan tak pernah mengeluh, meski terlahir bisu dan tuli. Ia dikenal sebagai Barfi dikarenakan pelafalan nama yang ia ucapkan terhadap orang-orang terdengar ”Barfi”. Ibunya meninggal tak lama melahirkannya dan ia diasuh oleh seorang Ayah yang tulus menyanginya.


Kekurangannya tak membuatnya malu. Kehadirannya, membuat orang di sekitarnya bahagia. Pembawaan dirinya ini yang membawanya bertemu dengan Shurti (Ileana D'Cruz), wanita cantik dan kaya, yang jatuh cinta pada Burfi. Shurti merasa seperti bukan dirinya ketika bersama Burfi. Shurti dikenalkan pada indahnya nikmat hidup oleh Barfi. Ketika bersama Barfi, ia mengerti akan arti kehidupan dan tak terhanyut dengan segala kesedihan. Namun, Shurti telah memiliki calon teman hidupnya.

Kemesraan antara Barfi dan Shurti terhalang pula oleh perbedaan kelas. Hal ini yang menjadikan hati Barfi runtuh. Pun Shurti sangat menyanginya dan harus pergi jauh meninggalkan Barfi. Ketika kegalauan mendiami pikiran Barfi, sosok Jhilmil (Priyanka Chopra) hadir menemani kesehariannya. Jhilmil adalah wanita yang terlahir autis. Barfi mengenalnya dari kecil. Karena terlahir autis, Jhilmil selalu diejek dan dipinggirkan oleh keluarganya. Ia pun dikirim ke tempat penampungan anak-anak senasib dengannya oleh keluarganya. Hanya kakek Jhilmil yang tulus menyanginya.

Kekecewaan Barfi terhadap Shurti merubah hidupnya terhadap Jhilmil. Shurti menyadari bahwa ia begitu mencintainya. Meski terpisah jarak nan jauh, Shurti selalu ditakdirkan untuk bertemu dengan sosok Barfi yang ceria. Namun, bukan untuk memilikinya.

Alur cerita ini dibuat maju mundur. Penonton yang terbiasa menikmati drama tak akan merasa jenuh dengan alur dari film ini. Justru, keunikannya terlihat dari alur mundurnya yang seolah ingin memberikan jawaban bagi dahaga penasaran penonton. Selamat menonton dan menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar